Senin, 07 Desember 2009

Hati-hati Menggunakan Wadah Plastik

Info mengenai plastik ini saya temukan dimajalah National Geographic Indonesia Edisi Green Living Guide. Tertarik dengan artikel berjudul Menilik Kode Plastik yang ditulis oleh Danielle Masterson ini. Mengapa? Karena saya sering melihat betapa seringnya orang menggunakan wadah plastik tanpa disadari bahwa kandungan yang ada dalam plastik dapat menjadi bahaya untuk kesehatan.

Wadah plastik merupakan barang paling populer bahkan paling mudah ditemukan. Kemudahan dalam pengolahan plastik serta harga yang murah menjadikan bahan ini banyak diproduksi mengingat pangsa pasar yang luas terhadap produk dari bahan plastik.

Tapi tidak semua plastik dapat digunakan oleh manusia terutama yang menyangkut dengan masalah kesehatan. Ini dikarenakan plastik dibuat dari zat kimia dan yang lebih parah kini banyak produk plastik yang dibuat dari bahan yang didaur ulang. Bagaimana kita menyikapi fenomena ini? Artikel ini mengungkapkan jenis plastik apa saja yang dapat didaur ulang, dapat digunakan kembali untuk menyimpan makanan, plastik yang hanya boleh digunakan sekali pakai dan berbagai informasi tentang plastik lainnya yang sangat informatif. Lengkapi pengetahuan kita dengan mengenali kode-kode yang dicantumkan dibagian bawah wadah plastik, paling tidak ini dapat menghindarkan kita dari penggunaan wadah plastik yang tidak semestinya.

Jadi tidak ada salahnya bila kita plastik dengan kualitas terbaik untuk menyimpan makanan dan minuman karena yang menjadi taruhannya adalah kesehatan kita sendiri. Satu hal lagi (namun tidak saya temukan di artikel yang ditulis oleh Danielle Masterson ini) mengenai plastik kantong kresek hitam dan kemasan makanan dari PVC. Di Indonesia kantong plastik dan kemasan dari PVC ini masih banyak digunakan untuk menyimpan makanan. Bahayanya? Anda bisa melihat di situs BPOM.

Tidak ada komentar:

 

blogger templates | Make Money Online